Arti Dari Sebuah Pemahaman Kebhinekaan
January 5, 2018
Bhineka Tunggal Ika dan Konsep Integrasi Nasional
January 5, 2018

Belajar Dari Bhinneka Tunggal Ika

Belajar Dari Bhinneka Tunggal Ika

Negara Indonesia memiliki semboyan dalam berkehidupan di Indonesia dan semboyan yang juga menjadi pedoman bagi bangsa Indonesia ini adalah Bhinneka Tunggal Ika. Bukan hanya sekedar semboyan, namun memiliki arti yang sangat mendalam dan harus di patuhi oleh warga negara Indonesia sendiri. Semoboyan tersebut berada di bawah lambang garuda pancasila sebagai semboyan utama dari pancasila.
Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Jawa Kuno yang artinya A�Bhinneka yang berarti aneka atau macam – macam. Tunggal yang berarti satu sedangkan Ika artinya itu, secara arti Beraneka Tunggal Satu. Dan di artikan bahwa walaupun beraneka ragam suku,agama dan ras tetap menjadi satu yaitu Indonesia.

Tentunya karena Indonesia memiliki banyak suku dan adat istiadat serta berbagai macam agama yang saling hidup berdampingan dan tentunya harus saling menghargai satu sama lain. Walaupun berbeda, kita tetap menjadi satu warga negara tercinta yaitu Indonesia. Maka dari itu kita sebagai warga negara Indonesia yang baik kita harus menjunjung tinggi sikap toleransi antar sesama orang Indonesia. Hindari sikap egois terhadap suku, agama dan ras kita. Agar terciptanya negara yang aman dan damai di tinggali oleh kita. Jika masing – masing kita sudah memiliki dan memegang teguh semboyan tersebut maka akan tercipta negara yang aman.

 

http://ramaingintahu.blogspot.co.id/2017/10/belajar-dari-bhinneka-tunggal-ika.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *